Kesalahan penanganan bagasi terdaftar

Meskipun sistem maskapai penerbangan telah berkembang pesat dalam jangka waktu beberapa tahun terakhir ini, kadang-kadang terdapat insiden di mana bagasi terdaftar bisa tertunda, rusak, atau dikirimkan ke tempat yang salah.

Anda bisa menemukan rekomendasi kami untuk mendapatkan resolusi yang cepat di bawah ini.

Jika bagasi terdaftar Anda tidak tiba di tempat tujuan

Mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang dialami. Kami yakinkan bahwa hampir semua bagasi yang salah ditangani akan dikembalikan secepatnya ke pemiliknya. Kami akan menghubungi Anda setiap hari hingga kami berhasil menyelesaikan masalah yang terjadi.

Untuk mempercepat pengembalian bagasi, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Periksa status bagasi Anda selama 24/7 dengan layanan pelacakan bagasi online kami. Harap diperhatikan bahwa Anda akan membutuhkan nomor referensi berkas maskapai penerbangan yang diberikan kepada Anda, saat Anda melaporkan kehilangan bagasi di tempat kedatangan
  • Untuk penerbangan internasional, yang mungkin mencakup penerbangan transit domestik, kirimkan email atau hubungi kantor layanan bagasi dengan menyebutkan atau mencantumkan referensi berkas dan nama Anda dalam jangka waktu 21 hari sejak tanggal kedatangan Anda
  • Untuk penerbangan domestik, kirimkan email ke kantor layanan bagasidengan menyebutkan atau mencantumkan referensi berkas dan nama Anda dalam jangka waktu 30 hari sejak tanggal kedatangan Anda
  • Simpanlah laporan bagasi yang salah ditangani yang akan diberikan oleh kantor layanan bagasi setempat
  • Simpanlah tanda terima untuk benda darurat atau pengganti yang diberikan
  • Simpan juga tiket penerbangan, tanda terima bagasi, dan kupon kelebihan bagasi yang terkait

Kami akan menghubungi Anda segera setelah bagasi tersebut ditemukan dan, tergantung dengan peraturan pabean dan karantina, mengirimkannya ke alamat yang ditentukan.

Anda juga bisa memilih untuk menerima pembaruan harian melalui SMS dan/atau email. Pastikan staf layanan bagasi menerima pembaruan informasi dengan rincian kontak Anda yang sesuai, termasuk ponsel dan/atau alamat email yang valid. Jika rincian kontak dan/atau pengiriman Anda berubah, mohon beri tahu kantor layanan bagasi atau layanan pelacakan bagasi online yang terkait.

Bantuan yang bisa kami tawarkan saat Anda menunggu bagasi

Jika bagasi Anda tidak berhasil dikembalikan dalam jangka waktu 24 jam dan Anda tidak berada di kota asal, Anda mungkin berhak untuk menerima biaya penggantian darurat.  Untuk rinciannya, hubungi kantor layanan bagasi atau layanan pelacakan bagasi online yang terkait. Jika Anda memiliki asuransi perjalanan, perhatikan manfaat polis yang tertera.

Yang akan terjadi setelah lima hari

Jika bagasi Anda belum berhasil ditemukan setelah jangka waktu lima hari berlalu, lengkapi formulir klaim yang diberikan kepada Anda pada saat kedatangan. Atau Anda bisa mengunduh formulir klaim dan mengirimkannya melalui email ke kantor layanan bagasi Air New Zealand terdekat. Jika bagasi Anda tidak berhasil ditemukan dalam jangka waktu 21 hari, kami akan memproses klaim tersebut sambil melanjutkan proses pencarian.

Anda juga harus menghubungi perusahaan asuransi perjalanan Anda. Kewajiban Air New Zealand atas bagasi yang hilang terbatas pada ketentuan konvensi internasional dan Undang-Undang Pengangkutan Barang. Bacalah ketentuan pengangkutan kami.

Mengajukan permohonan kompensasi jika bagasi Anda rusak

Laporkan kerusakan ke kantor layanan bagasi terdekat melalui email dalam jangka waktu tujuh hari. Kami akan memproses klaim dan memberikan bagasi pengganti dengan nilai yang sama (dikurangi dengan depresiasi) atau memproses klaim Anda sesuai dengan batasan tanggung jawab yang berlaku. Bacalah ketentuan pengangkutan kami.

Batas Waktu untuk melaporkan/mengklaim bagasi yang hilang atau rusak atau tertunda

Anda wajib melaporkan bagasi terdaftar yang tertunda atau rusak secara tertulis sesuai dengan batasan waktu di bawah ini. 

Domestik (tanpa penerbangan koneksi internasional)

  • 30 hari apabila terjadi kerusakan, kehilangan, atau hancurnya bagian dari bagasi terdaftar
  • 21 hari sejak hilangnya benda secara keseluruhan dari tanggal kedatangan

Internasional 

  • Jika terjadi kerusakan pada bagasi Anda, segera setelah Anda menemukan kerusakan pada saat menerima bagasi tersebut, dan selambat-lambatnya dalam jangka waktu 7 hari
  • Apabila terjadi penundaan, dalam jangka waktu 21 hari sejak bagasi diberikan kepada Anda

Bacalah ketentuan pengangkutan kami.

Barang yang hilang

Kadang-kadang, penumpang bisa meninggalkan barang pribadi mereka di dalam pesawat, ruang tunggu maskapai penerbangan, atau bandara.

Berikut adalah rekomendasi kami untuk mendapatkan resolusi yang cepat di bawah ini.

Jika Anda meninggalkan sesuatu di dalam pesawat atau di ruang tunggu maskapai penerbangan

Jika Anda meninggalkan barang di salah satu ruang tunggu atau di dalam pesawat kami, lengkapi laporan barang yang hilang kami secara online.   

Kami akan melakukan segala upaya untuk menemukan barang tersebut. Bila diperlukan, surat pernyataan bisa diberikan untuk mendukung klaim asuransi yang dilakukan. Barang yang ditemukan akan disimpan selama satu bulan. Anda wajib mengonfirmasikan hak kepemilikan dan memberikan identifikasi foto saat Anda mengambil barang yang hilang.

Setelah kami menemukan barang tersebut, kami akan menghubungi Anda dan memberikan petunjuk tentang cara pengambilannya.  

Jika Anda meninggalkan sesuatu di bandara

Jika Anda meninggalkan barang di gerbang atau di tempat check-in atau di tempat lainnya di bandara, silakan hubungi pihak bandara yang terkait.