Ketentuan Pengangkutan Air New Zealand

Terakhir diperbarui pada 7 November 2018

Dalam Ketentuan ini, istilah tertentu memiliki arti sebagai berikut:

  • "Kami", "milik kami" "kami sendiri" atau "kita" berarti Air New Zealand Limited
  • "Anda", "milik Anda" atau "diri Anda sendiri" berarti setiap individu, kecuali anggota awak kabin, yang menggunakan atau akan menggunakan pesawat kami, sesuai dengan Tiket yang berlaku (Lihat juga definisi "Penumpang")

"KODE MASKAPAI PENERBANGAN" berarti dua atau tiga karakter kode yang menjadi identifikasi maskapai penerbangan.

"AGEN RESMI" berarti agen penjualan yang kami tunjuk untuk mewakili diri kami dalam penjualan tiket penerbangan dan layanan kami.

"BAGASI" berarti barang, benda, dan properti lainnya yang menyertai diri Anda dalam perjalanan Anda. Kecuali bila ditentukan secara berbeda, Bagasi mencakup Bagasi Terdaftar dan Bagasi Tidak Terdaftar.

"TANDA TERIMA BAGASI" berarti bagian dari Tiket atau dokumen lain yang diterbitkan oleh kami atau atas nama kami yang terkait dengan pengangkutan Bagasi Terdaftar Anda.

"LABEL IDENTIFIKASI BAGASI" berarti dokumen yang diterbitkan semata-mata untuk identifikasi Bagasi Terdaftar saja.

"DOKUMEN BOARDING" berarti dokumen yang diterbitkan untuk Anda pada saat check-in, yang memberikan hak kepada Anda untuk memasuki pesawat dan menempati kursi yang telah ditentukan.

"MASKAPAI PENERBANGAN" berarti maskapai penerbangan lain selain kami.

"BAGASI TERDAFTAR" berarti Bagasi yang berada dalam penanganan kami dan yang Tanda Terima Bagasinya telah kami terbitkan.

"PENERBANGAN CODE SHARE" berarti penerbangan yang dioperasikan oleh suatu Maskapai Penerbangan lain selain daripada Maskapai Penerbangan Terkait, di mana kami menerbitkan Tiket yang mengidentifikasi nama atau Kode Maskapai Penerbangan kami sebagai maskapai penerbangan yang menyediakan layanan.

"KONDISI" berarti Ketentuan Pengangkutan ini.

"TIKET PENERBANGAN LANJUTAN" berarti Tiket yang diterbitkan untuk Anda sehubungan dengan Tiket lainnya yang secara bersama-sama merupakan suatu kontrak pengangkutan tunggal.

"KUPON" berarti Kupon Penerbangan fisik dalam bentuk kertas dan Kupon Elektronik.

"KERUGIAN" berarti (i) kematian, cedera, atau luka fisik lainnya dari seorang Penumpang; atau (ii) kehilangan, kehilangan sebagian, pencurian, atau kerusakan lain pada Bagasi; dalam setiap kasus yang timbul sebagai akibat dari atau sehubungan dengan pengangkutan melalui udara atau layanan lain yang terkait dengan pengangkutan melalui udara yang dilakukan oleh kami atau Operator Terkait.

"HARI" berarti hari kalender, termasuk tujuh hari dalam seminggu; dengan ketentuan bahwa, untuk tujuan pemberitahuan, hari di mana pemberitahuan tersebut dikirimkan tidak boleh diperhitungkan; dan untuk tujuan menentukan durasi validitas suatu Tiket, hari di mana Tiket tersebut diterbitkan, atau tanggal penerbangan tidak boleh diperhitungkan.

"KUPON ELEKTRONIK" berarti kupon penerbangan elektronik atau dokumen bernilai lainnya dalam bentuk catatan elektronik yang disimpan dalam basis data kami.

"TIKET ELEKTRONIK" berarti Rencana Perjalanan/Tanda Terima yang diterbitkan oleh kami atau atas nama kami, Kupon Elektronik, Pemberitahuan Penting dan, bila berlaku, Dokumen Boarding.

"UNI EROPA" berarti negara-negara yang saat ini menjadi anggota dari Uni Eropa, sebagaimana ditetapkan dalam Perjanjian Roma 1957 (sebagaimana telah diubah seiring dengan berjalannya waktu).

"KUPON PENERBANGAN" berarti bagian dari Tiket yang memuat pernyataan "berlaku untuk perjalanan," atau dalam hal Tiket Elektronik, Kupon Elektronik, dan menampilkan tempat tujuan Anda.

"PEMBERITAHUAN PENTING" berarti ringkasan beberapa hal penting yang tercantum dalam Ketentuan ini yang menyertai Tiket Elektronik.

"PENGANGKUTAN INTERNASIONAL" berarti setiap pengangkutan melalui udara, di mana, sesuai dengan perjanjian antara para pihak, tempat keberangkatan dan tempat tujuan, terlepas dari ada atau tidaknya perhentian pengangkutan atau peralihan moda transportasi, terletak di antara wilayah dari dua negara, atau di dalam wilayah satu negara jika ada tempat perhentian yang disetujui di dalam wilayah negara lain.

"RENCANA PERJALANAN/TANDA TERIMA" berarti suatu dokumen atau beberapa dokumen yang kami terbitkan untuk Penumpang yang bepergian dengan menggunakan Tiket Elektronik, yang mencantumkan nama penumpang, rincian perjalanan, dan pemberitahuan.

"KONVENSI MONTREAL" berarti, Konvensi Penyatuan Aturan Tertentu yang Berkaitan dengan Pengangkutan Internasional Melalui Udara, yang ditandatangani di Montreal, pada tanggal 28 Mei 1999 (selanjutnya disebut sebagai Konvensi Montreal).

"OPERATOR KAMI" berarti Operator Terkait dan Penerbangan Code Share.

"PENUMPANG" berarti setiap individu, kecuali seorang anggota awak kabin, yang diangkut atau akan diangkut oleh suatu pesawat udara sesuai dengan informasi yang tertera pada Tiket. (Lihat juga definisi "Anda", "milik Anda", dan "diri Anda sendiri").

"KUPON PENUMPANG" atau "TANDA TERIMA PENUMPANG" berarti bagian dari Tiket yang diterbitkan oleh kami atau atas nama kami, yang ditandai dan pada akhirnya wajib disimpan oleh diri Anda.

"OPERATOR TERKAIT" berarti anak perusahaan Air New Zealand Limited yang merupakan operator transportasi udara yang mengoperasikan penerbangan domestik Selandia Baru atau penerbangan Trans-Tasman atas nama Air New Zealand Limited.

"LAYANAN TERKAIT" berarti penerbangan dalam jaringan Air New Zealand yang dioperasikan oleh Operator Terkait.

"SDR" berarti Hak Penarikan Khusus Dana Moneter Internasional sebagaimana didefinisikan dalam Ayat 15.11.

"PERHENTIAN" berarti perhentian yang disepakati dalam perjalanan Anda, di suatu titik antara tempat keberangkatan dan tempat tujuan Anda.

"TARIF" berarti tarif, biaya dan/atau ketentuan pengangkutan yang dipublikasikan oleh suatu maskapai penerbangan yang tunduk pada persyaratan Pemerintah.

"TIKET" berarti dokumen yang berjudul "Tiket Penumpang dan Tanda Terima Bagasi" atau Tiket Elektronik, yang diterbitkan oleh kami atau atas nama kami, dan mencakup Ketentuan, Pemberitahuan Penting, dan Kupon ini.

"BAGASI TIDAK TERDAFTAR" berarti Bagasi lainnya yang dimiliki oleh Anda selain daripada Bagasi Terdaftar.

2.1 UMUM

Kecuali bila ditentukan lain dalam Ketentuan ini, Ketentuan ini berlaku hanya pada penerbangan atau segmen penerbangan tersebut, di mana nama kami atau Kode Maskapai Penerbangan kami ditampilkan di dalam kotak maskapai penerbangan dari Tiket untuk penerbangan atau segmen penerbangan tersebut. Jika kami menerbitkan Tiket atau Tanda Terima Bagasi pada penerbangan dari Maskapai Penerbangan lain selain daripada Penerbangan Code Share, kami melakukannya hanya sebagai agen dari Maskapai Penerbangan lain yang memiliki ketentuan pengangkutan yang berbeda, dan kami tidak bertanggung jawab atas tindakan atau kelalaian dari Maskapai Penerbangan lain tersebut.

2.2 CARTER

Jika pengangkutan dilakukan oleh kami berdasarkan suatu perjanjian carter, Ketentuan ini hanya berlaku sejauh bila ditentukan berdasarkan referensi atau sebaliknya dalam perjanjian carter atau Tiket.

2.3 PENERBANGAN CODE SHARE DAN LAYANAN TERKAIT

Penerbangan Anda bisa merupakan suatu Penerbangan Code Share, Layanan Terkait, atau dioperasikan oleh kami; namun kami akan memberi tahu Anda tentang maskapai yang mengoperasikan penerbangan pada saat Anda melakukan pemesanan. Kecuali bila dipersyaratkan menurut ketentuan hukum yang berlaku, jika maskapai yang mengoperasikan penerbangan memberlakukan perubahan setelah pemesanan Anda dikonfirmasi, kami tidak berkewajiban untuk memberi tahu Anda tentang perubahan tersebut. Bila terjadi penundaan di atas tarmak bandara di Amerika Serikat, rencana cadangan Maskapai yang mengoperasikan penerbangan terhadap penundaan di atas tarmak secara berkepanjangan akan berlaku terhadap Penerbangan Code Share.

2.4 HUKUM YANG BERLAKU

Bila terjadi ketidaksesuaian antara Ketentuan ini dengan Tarif atau ketentuan undang-undang yang berlaku, maka Tarif atau undang-undang tersebut yang akan dianggap berlaku. Jika ada bagian dari Ketentuan ini yang bersifat tidak sah menurut peraturan undang-undang yang berlaku, maka bagian yang tidak sah tersebut wajib dipisahkan dan sisa bagian lainnya dari Ketentuan ini akan tetap dianggap berlaku.

2.5 TERJEMAHAN

Apabila terdapat perbedaan penafsiran antara versi bahasa Inggris dari Ketentuan ini dengan terjemahannya yang disediakan dalam bahasa lainnya, versi bahasa Inggris yang akan dianggap berlaku.

3.1 PERSYARATAN TIKET

3.1.1 Kami akan menyediakan layanan pengangkutan atau mengangkut Penumpang yang namanya tertera pada Tiket saja.

3.1.2 Tiket tidak bisa dipindahtangankan. Individu yang namanya tertera pada Tiket tidak boleh memberikan atau menjual Tiket mereka untuk digunakan oleh individu lain. Jika ada individu lain yang menggunakan tiket Anda untuk bepergian dan kami menemukan bahwa individu tersebut bukan diri Anda, kami akan menolak untuk memberikan layanan bagi individu tersebut. Namun, bila kami, setelah mengambil tindakan secara wajar, tidak menemukan alasan bahwa Tiket telah dialihkan dan sebagai akibatnya mengangkut pemegang Tiket atau memberikan pengembalian dana kepada mereka, kami tidak berkewajiban untuk mengganti Tiket Anda atau memberikan pengembalian dana kepada Anda, dan kami dibebaskan dari semua dan setiap kewajiban apa pun untuk memberikan pengembalian dana.

3.1.3 Tiket selalu dan akan tetap menjadi hak milik kami bila diterbitkan oleh kami atau Agen Resmi.

3.1.4 Kecuali dalam hal Tiket Elektronik, Anda tidak berhak untuk menerima layanan pengangkutan kecuali bila Anda menunjukkan Tiket yang sah yang berisi informasi tentang Kupon Penerbangan untuk penerbangan tersebut dan semua Kupon Penerbangan lainnya serta Kupon Penumpang yang belum digunakan. Selain itu, Anda tidak akan berhak untuk menerima layanan pengangkutan bila Tiket yang ditunjukkan telah terpotong atau jika Tiket telah diubah dengan cara apa pun oleh kami atau Agen Resmi kami. Dalam hal Tiket Elektronik, Anda tidak akan berhak untuk menerima layanan pengangkutan kecuali bila Anda menunjukkan dokumen identifikasi yang bersifat sah dan Tiket Elektronik yang sah telah diterbitkan atas nama Anda. Anda mungkin perlu menunjukkan Rencana Perjalanan/Tanda Terima untuk keperluan check-in, bea cukai, keamanan bandara, imigrasi, dan pembelian bebas bea.

3.1.5 Apabila terjadi kehilangan atau pemotongan Tiket, atau bagian daripadanya, atau ketidakmampuan untuk menunjukkan Tiket yang mencantumkan Kupon Penumpang dan semua Kupon Penerbangan yang belum digunakan, atas permintaan Penumpang, penerbit Tiket akan menggantikan Tiket tersebut atau bagian daripadanya dengan menerbitkan Tiket baru, selama bukti menunjukkan pada saat itu bahwa Tiket yang sah untuk penerbangan terkait telah diterbitkan dan Penumpang menandatangani perjanjian untuk mengganti kerugian maskapai penerbangan yang bersangkutan atas penyalahgunaan Tiket tersebut. Bila hal ini tidak bisa dilakukan, penerbit Tiket bisa meminta Penumpang untuk membayar seluruh tarif yang berlaku untuk mendapatkan penggantian Tiket, tunduk pada ketentuan pengembalian dana, jika penerbit Tiket mempertimbangkan bahwa Tiket asli belum digunakan sebelum berakhirnya masa berlaku Tiket. Penerbit bisa menetapkan biaya administrasi yang wajar untuk menyediakan layanan ini.

3.2 MASA BERLAKU

3.2.1 Kecuali bila ditentukan secara berbeda dalam Tiket, Ketentuan ini, atau Tarif yang berlaku, Tiket berlaku selama satu tahun sejak tanggal dimulainya perjalanan atau bila tidak ada bagian dari Tiket yang digunakan, selama satu tahun sejak tanggal penerbitannya.

3.2.2 Bila Anda berhalangan untuk melakukan perjalanan dalam masa berlaku Tiket karena pada saat Anda melakukan reservasi, kami tidak bisa mengonfirmasikan reservasi tersebut, maka masa berlaku Tiket Anda akan diperpanjang, atau Anda bisa memiliki hak atas pengembalian uang sesuai dengan ketentuan pada Pasal 10.

3.2.3 Jika setelah memulai perjalanan Anda, Anda berhalangan untuk melakukan perjalanan dalam masa berlaku Tiket karena alasan medis, kami bisa memperpanjang masa berlaku Tiket Anda hingga tanggal di mana Anda sudah cukup sehat untuk melanjutkan perjalanan, sebagaimana dikonfirmasi oleh sertifikat medis atau surat dokter, atau hingga penerbangan pertama kami setelah tanggal tersebut, dari titik di mana perjalanan dilanjutkan, apabila ruang tersedia di kelas layanan yang tarifnya telah dibayarkan. Bila Kupon Penerbangan yang tersisa di Tiket, atau dalam hal Tiket Elektronik, Kupon Elektronik, melibatkan satu atau beberapa Perhentian, validitas Tiket tersebut bisa diperpanjang selama tidak melebihi jangka waktu tiga bulan dari tanggal yang tertera pada sertifikat tersebut. Dalam keadaan tersebut, kami juga akan memperpanjang masa berlaku Tiket dari anggota keluarga dekat yang menemani diri Anda.

3.2.4 Apabila terjadi kematian pada diri Penumpang dalam perjalanan, Tiket dari individu yang menyertai Penumpang bisa diubah dengan mengabaikan periode tinggal minimal atau memperpanjang masa berlakunya. Apabila terjadi kematian pada keluarga dekat Penumpang yang telah memulai perjalanan, validitas Tiket Penumpang dan individu dari keluarga dekatnya yang menemani Penumpang juga bisa diubah. Perubahan tersebut wajib dilakukan setelah menerima akta kematian yang sah dan perpanjangan masa berlaku tersebut tidak boleh melebihi jangka waktu empat puluh lima (45) Hari dari sejak tanggal kematian.

3.3 URUTAN DAN PENGGUNAAN KUPON

3.3.1 Tiket tidak akan dianggap sah dan akan kehilangan keabsahannya jika semua Kupon tidak digunakan menurut urutan yang ditentukan dalam Tiket.

3.3.2 Tiket mungkin tidak dianggap sah dan kami tidak bisa menerima Tiket jika Kupon Penerbangan pertama, atau dalam hal Tiket Elektronik, Kupon Elektronik belum digunakan dan penumpang memulai perjalanannya dari titik Persinggahan atau Tempat Pemberhentian yang Disetujui.

3.3.3 Setiap Kupon akan diterima untuk layanan pengangkutan sesuai dengan kelas layanan yang tertera di dalamnya pada tanggal dan penerbangan yang telah direservasikan. Jika Kupon diterbitkan tanpa penetapan reservasi, reservasi ruang bisa dilakukan, tergantung pada ketentuan tarif terkait dan ketersediaan ruang pada penerbangan yang diminta.

3.4 NAMA DAN ALAMAT

Nama kami bisa disingkat sesuai dengan Kode Maskapai Penerbangan kami, atau sebaliknya, dan dicantumkan pada Tiket. Alamat kami akan dianggap sebagai bandara keberangkatan yang tertera berlawanan dengan singkatan pertama dari nama kami pada kotak "maskapai" di Tiket, atau dalam hal Tiket Elektronik, sebagaimana diindikasikan pada segmen penerbangan pertama dalam Tanda Terima Rencana Perjalanan.

4.1 UMUM

Tarif hanya berlaku untuk pengangkutan dari bandara keberangkatan menuju bandara tujuan, kecuali bila dinyatakan sebaliknya. Tarif tidak mencakup layanan transportasi darat antar bandara atau antara bandara dengan pusat kota.

4.2 TARIF YANG BERLAKU

Sesuai dengan ketentuan pada ayat 4.3, tarif yang berlaku sesuai dengan yang tarif yang tersedia pada tanggal penerbitan Tiket. Perubahan tarif bisa terjadi apabila Anda mengubah jadwal perjalanan atau tanggal perjalanan Anda.

4.3 PAJAK DAN BIAYA

Biaya, tagihan, dan pajak yang termasuk dalam tarif atau ditampilkan secara terpisah pada tiket Anda bisa dibebankan kepada penumpang atau Maskapai Penerbangan oleh otoritas pemerintah, operator bandara, atau oleh Maskapai Penerbangan, dan bisa mencakup biaya pembayaran kartu atau asuransi yang telah Anda beli bersama dengan tiket Anda. Rincian akan tertera pada Tiket Anda, atau bisa diperoleh dari agen perjalanan Anda. Anda bertanggung jawab terhadap pajak atau biaya yang berlaku yang dikenakan oleh pemerintah, otoritas lain, maskapai penerbangan, atau oleh operator bandara yang berlaku pada tanggal perjalanan terkait.

4.4 MATA UANG

Tarif dan biaya wajib dibayarkan dalam mata uang yang bisa diterima oleh kami dan dengan nilai tukar yang kami tentukan pada saat penerbitan Tiket.

4.5 ASURANSI

Tanggung jawab kami kepada Anda bersifat terbatas dan Anda disarankan untuk membeli asuransi perjalanan yang bisa mencakup hal-hal seperti perubahan rencana perjalanan dan pembatalan perjalanan, biaya medis dan rumah sakit, cedera dan kematian diri, kerusakan bagasi, keterlambatan atau kehilangan, ketidakmampuan untuk menaiki penerbangan lanjutan, dan biaya tambahan. Temukan informasi lebih lanjut tentang kebijakan asuransi perjalanan yang berlaku untuk perjalanan wisata domestik di Selandia Baru dan perjalanan wisata internasional dari Selandia Baru.

5.1 PERSYARATAN RESERVASI

5.1.1 Reservasi tidak akan dikonfirmasi hingga statusnya tercatat sebagai dikonfirmasi oleh kami atau Agen Resmi.

5.1.2 Tarif tertentu memiliki ketentuan yang membatasi atau mengecualikan hak Anda untuk mengubah atau membatalkan reservasi.

5.1.3 Setiap individu yang memesan penerbangan kami untuk individu lain akan dianggap telah menerima Ketentuan ini atas nama semua Penumpang yang namanya tertera dalam pemesanan dan merupakan tanggung jawab individu yang melakukan pemesanan untuk menginformasikan Ketentuan ini kepada Penumpang dan memberi tahu Penumpang lainnya yang tertera dalam pemesanan bahwa informasi pribadi mereka akan dikumpulkan, disimpan, dan digunakan dengan cara-cara yang dijelaskan dalam Ketentuan ini dan pernyataan privasi Air New Zealand.

5.2 BATAS WAKTU PENERBITAN TIKET

Jika Anda tidak membayar Tiket hingga tenggat waktu pembayaran yang ditentukan, seperti yang ditetapkan oleh kami atau Agen Resmi kami, kami bisa membatalkan reservasi Anda.

5.3 INFORMASI PRIBADI

Kami mengumpulkan informasi pribadi tentang diri Anda (termasuk informasi kesehatan, bila diperlukan) untuk tujuan melakukan reservasi, membeli dan menerbitkan Tiket dan semua dokumen tambahan lainnya yang terkait dengan pengangkutan Anda, memperoleh layanan tambahan, memfasilitasi partisipasi Anda dalam program loyalitas, mengembangkan dan menyediakan layanan (termasuk layanan baru), melakukan aktivitas pemasaran dan penelitian, menangani masalah hubungan pelanggan, memfasilitasi prosedur imigrasi dan masuk ke negara tertentu, memfasilitasi pemeriksaan keamanan, dan menyediakan informasi pribadi tersebut kepada lembaga pemerintah atau layanan darurat, sehubungan dengan perjalanan Anda. Untuk tujuan ini, Anda memberi kami wewenang untuk menyimpan informasi tersebut dan untuk mengirimkan, membagikan, atau menyediakannya untuk kantor kami sendiri dan perusahaan terkait, Agen Resmi, perwakilan atau agen reservasi Anda, Penumpang lainnya yang tertera dalam pemesanan Anda, lembaga pemerintah, Maskapai Penerbangan lain dan penyedia layanan perjalanan atau penyedia layanan yang telah disebutkan. Undang-Undang Privasi tahun 1993 (Selandia Baru) bisa diberlakukan atas informasi pribadi yang Anda berikan kepada kami. Dalam memproses informasi pribadi Anda, kami bisa mengungkapkannya ke negara-negara yang mungkin tidak memiliki tingkat perlindungan yang sama seperti yang ditentukan oleh Undang-Undang Privasi tahun 1993 (Selandia Baru). Menurut Undang-Undang tersebut, Anda berhak untuk memeriksa informasi tersebut dan mengajukan permohonan untuk memperbaikinya, bila diperlukan. Jika Anda ingin mengetahui informasi pribadi apa saja yang kami simpan tentang diri Anda dan/atau meminta koreksi atas informasi pribadi yang kami miliki tentang diri Anda, silakan hubungi kantor setempat Anda atau kirimkan surat ke bagian Dukungan Pelanggan, Air New Zealand Limited, Private Bag 92007, Auckland 1142, Selandia Baru. Pernyataan privasi Air New Zealand secara lengkap tersedia di sini.

5.4 KURSI

Kami akan berusaha untuk memenuhi permintaan tempat duduk, namun, kami tidak bisa menjamin penyediaan kursi khusus apa pun, meskipun reservasi Anda telah dikonfirmasi. Kami berhak untuk menetapkan atau menetapkan kembali kursi kapan saja, bilamana kami anggap perlu, dan kami tidak memiliki tanggung jawab kepada Anda akibat perubahan tersebut kecuali sejauh ketentuan pengembalian dana yang diizinkan menurut Syarat dan ketentuan Pemilihan Kursi berbayar.

5.5 HIDANGAN KHUSUS

Kami akan mencoba untuk memastikan ketersediaan akan permintaan hidangan khusus menurut aturan diet atau agama tertentu pada penerbangan internasional, selama permintaan tersebut disebutkan pada saat Anda melakukan reservasi (yaitu, jika layanan hidangan khusus tersedia sebagai opsi pada penerbangan yang Anda pilih). Walaupun demikian, kami tidak akan bertanggung jawab kepada Anda atas kehilangan, biaya, pelanggaran kontrak, atau kerusakan lain apabila kami, karena alasan apa pun, tidak bisa menyediakan hidangan khusus yang diminta tersebut.

5.6 BIAYA LAYANAN JIKA RESERVASI TIDAK DIGUNAKAN

Kecuali dalam perjalanan dengan tarif yang tidak bisa dikembalikan, Anda bisa diminta untuk membayar biaya layanan yang bersifat wajar jika Anda lalai untuk menggunakan reservasi Anda.

5.7 KONFIRMASI ULANG TERHADAP RESERVASI

Reservasi lanjutan atau kembali bisa diminta untuk dikonfirmasi ulang dalam batas waktu yang ditentukan oleh kami atau Maskapai Penerbangan lain. Kami akan memberi tahu Anda bila kami membutuhkan konfirmasi ulang; namun, Anda harus memeriksa persyaratan dari Maskapai Penerbangan lain yang terlibat dalam perjalanan Anda.

5.8 PEMBATALAN TERHADAP RESERVASI LANJUTAN

Jika Anda tidak menggunakan reservasi atau lalai untuk mematuhi persyaratan konfirmasi ulang tersebut, reservasi lanjutan atau kembali Anda bisa dibatalkan.

6.1 Anda wajib menyelesaikan proses check-in sebelum keberangkatan penerbangan untuk memungkinkan penyelesaian prosedur formalitas dan keberangkatan yang ditetapkan oleh Pemerintah, dan dalam kondisi apa pun tidak boleh melebihi waktu minimal yang kami atau Operator Kami tentukan.

6.2 Anda wajib untuk hadir di gerbang boarding dan di dalam pesawat sebelum waktu yang ditentukan oleh kami atau oleh Operator kami.

6.3 Kami bisa membatalkan ruang yang disediakan untuk Anda bila Anda belum melakukan check-in, lalai untuk tiba di gerbang boarding, atau lalai naik ke pesawat sesuai dengan ketentuan pada ayat 6.1 dan 6.2.

6.4 Baik kami maupun Operator Kami tidak akan bertanggung jawab kepada Anda atas segala kerugian atau biaya yang timbul sebagai akibat dari kelalaian Anda untuk mematuhi ketentuan Pasal 6 ini.

7.1 HAK UNTUK MENOLAK PENGANGKUTAN

Kami dan/atau Operator Kami bisa, setiap saat sebelum boarding, menolak untuk mengangkut Anda atau Bagasi Anda bila, perdasarkan pertimbangan semata kami yang bersifat wajar, kami memutuskan atau menetapkan hal-hal berikut:

7.1.1 tindakan tersebut diperlukan demi alasan keamanan;

7.1.2 tindakan tersebut diperlukan demi mematuhi ketentuan hukum, peraturan, atau perintah yang berlaku dari negara bagian atau negara asal, tujuan, maupun negara bagian atau negara yang dilintasi;

7.1.3 perilaku, usia, atau keadaan mental atau fisik Anda, termasuk ketidakmampuan Anda akibat pengaruh alkohol atau obat-obatan, membutuhkan bantuan khusus, menyebabkan rasa tidak nyaman atau membuat diri Anda tidak pantas untuk menggunakan layanan bersama penumpang lain, atau berpotensi berbahaya atau berisiko bagi diri Anda sendiri atau individu lain atau properti;

7.1.4 tindakan tersebut diperlukan karena Anda telah lalai untuk mematuhi instruksi kami, termasuk tidak mematuhi Ketentuan ini sehubungan dengan pengangkutan barang berbahaya atau terlarang;

7.1.5 Anda menolak untuk mengikuti prosedur pemeriksaan keamanan;

7.1.6 Anda belum membayar tarif, biaya, atau pajak yang berlaku untuk layanan pengangkutan Anda saat ini atau sebelumnya dengan kami;

7.1.7 Anda tampaknya tidak memiliki dokumen perjalanan yang bersifat sah; Anda mungkin mencari peluang untuk memasuki suatu negara yang menjadi tempat transit Anda; Anda mungkin menghancurkan dokumen perjalanan Anda selama penerbangan; Anda menolak untuk menyerahkan dokumen perjalanan kepada awak kabin, setelah diterimanya dokumen perjalanan tersebut, saat diminta;

7.1.8 Tiket yang Anda miliki diperoleh secara tidak sah atau dibeli dari entitas lain selain kami atau Agen Resmi kami; dilaporkan sebagai Tiket yang hilang atau dicuri; merupakan tiruan; atau berisi Kupon Penerbangan yang telah diubah oleh siapa pun selain kami atau Agen Resmi kami, atau telah dipotong;

7.1.9 Anda tidak bisa membuktikan bahwa Anda adalah individu yang tertera pada Tiket;

7.1.10 Anda sebelumnya telah melakukan suatu tindakan atau kelalaian yang disebutkan dalam Ayat 7.1 pada penerbangan sebelumnya atau di lokasi mana pun yang terhubung dengan layanan maskapai penerbangan, termasuk bandara dan kantor penjualan Tiket, dan kami memiliki alasan untuk meyakini bahwa tindakan atau kelalaian tersebut bisa diulangi lagi pada penerbangan yang dioperasikan oleh kami atau Operator Kami;

7.1.11 kami telah memberi tahu Anda secara tertulis bahwa kami tidak akan, setelah tanggal pemberitahuan tersebut, mengangkut Anda pada penerbangan kami atau Operator Kami. Dalam keadaan ini, Anda akan berhak untuk mendapatkan pengembalian dana, setelah dikurangi dengan biaya layanan yang wajar untuk menutupi biaya administrasi kami.

7.1.12 Anda mengenakan atau menampilkan tanda geng, lencana, isyarat atau simbol, atau pakaian lain yang kami anggap bersifat menyinggung atau kami yakini akan menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penumpang lain dan Anda menolak untuk menutupi atau menghilangkan item yang bersifat menyinggung tersebut.

7.2 BANTUAN KHUSUS

Kecuali bila diwajibkan oleh ketentuan hukum yang berlaku, penerimaan layanan pengangkutan anak-anak tanpa pendamping, warga difabel, wanita hamil, individu dengan penyakit tertentu, atau individu lain yang memerlukan bantuan khusus, wajib tunduk pada pengaturan sebelumnya dengan kami. Sesuai dengan ketentuan ayat 7.1, penumpang penyandang disabilitas yang telah memberi tahu kami tentang kondisi mereka dan pengaturan khusus apa pun yang mungkin diminta pada saat melakukan pemesanan, dan telah disetujui oleh kami, tidak boleh ditolak pengangkutannya karena disabilitas mereka atau kebutuhan khusus tersebut. Tunduk pada ketentuan hukum yang berlaku, bila Anda memerlukan bantuan khusus atau meminta kami untuk menyediakan peralatan atau fasilitas (seperti oksigen), kami akan berhak untuk membebankan biaya atas penyediaan bantuan, peralatan atau fasilitas tersebut.

Persyaratan, hak, pengecualian, dan pembatasan berikut dalam Pasal 8 ini berlaku untuk penerbangan kami dan penerbangan yang dilakukan oleh Operator Kami.

8.1 KETENTUAN BAGASI

Kami dan Operator Kami akan mengangkut Bagasi Terdaftar dan Bagasi Tidak Terdaftar Anda sesuai dengan persyaratan dan Ketentuan bagasi berikut yang telah ditetapkan pada situs web kami, yang digabungkan berdasarkan referensi:

8.1.1 Batasan Keamanan untuk Bagasi Tidak Terdaftar

Benda tajam atau alat potong (seperti pisau, pemotong, pembuka surat, gunting, peralatan, obeng, dll.) atau benda berbentuk pentungan (seperti tongkat bisbol, tongkat biliar, tongkat golf, tongkat ski, pemecah es, palu, dll.) tidak boleh dibawa masuk ke dalam kabin pesawat. Pihak berwenang yang melakukan pemeriksaan akan menyita benda-benda tersebut dan mereka tidak akan bisa mengembalikannya kepada pelanggan. Terdapat batasan dalam pengangkutan cairan, aerosol, gel, dan barang berbahaya di dalam pesawat. Cairan, aerosol, atau gel wajib ditempatkan dalam wadah dengan volume 100 ml ke bawah, dan harus bisa dimasukkan ke dalam satu kantong plastik transparan yang bisa disegel kembali dengan volume 1 liter (kira-kira 20 cm kali 20 cm). Cairan yang tidak bersifat penting wajib dikemas dan dimasukkan ke dalam bagasi terdaftar Anda. Informasi selengkapnya tersedia di sini.

8.1.2 Batasan pengangkutan berlaku pada beberapa layanan domestik kami dan Bagasi kadang-kadang perlu diangkut pada penerbangan yang berbeda dari penumpang.

8.1.3 Selain ketentuan Bagasi yang boleh diangkut secara gratis, kami akan mengangkut kursi roda yang bisa dilipat dan/atau alat bantu mobilitas Anda secara gratis bila Anda membutuhkan salah satu atau keduanya untuk keperluan mobilitas pribadi Anda.

8.1.4 Semua ketentuan Bagasi tunduk pada persyaratan kesehatan dan keselamatan kerja dari staf dan batasan pesawat kami.

8.2 BAGASI TERDAFTAR

8.2.1 Setelah memberikan item yang ingin Anda bawa sebagai Bagasi Terdaftar kepada kami, kami akan menangani dan menerbitkan Label Identifikasi Bagasi untuk setiap Bagasi Terdaftar Anda.

8.2.2 Bagasi Terdaftar wajib mencantumkan nama Anda atau tanda pengenal pribadi lainnya.

8.2.3 Bagasi Terdaftar akan, bila mungkin, diangkut oleh pesawat yang sama dengan Anda, kecuali bila kami memutuskan sebaliknya demi alasan keselamatan, keamanan, atau operasional untuk mengangkutnya pada penerbangan alternatif. Bila Bagasi Terdaftar Anda diangkut oleh penerbangan berikutnya, kami akan mengirimkannya kepada Anda, kecuali bila ketentuan hukum yang berlaku mewajibkan Anda untuk hadir di bandara kedatangan untuk keperluan bea cukai.

8.2.4 Biaya bagasi bersifat tidak bisa dikembalikan, kecuali kami tidak bisa mengangkut Bagasi Anda karena alasan operasional, keselamatan atau keamanan Air New Zealand yang tidak berada dalam kendali Anda. Kami juga akan menggantikan setiap biaya yang dibebankan kepada Anda untuk mengangkut Bagasi Terdaftar yang hilang dalam penanganan kami.    

8.3 KELEBIHAN BAGASI

8.3.1 Bagasi yang melebihi ketentuan Bagasi kami yang tertera bisa diterima untuk diangkut, dengan membayar tarif tetap per bagian sesuai dengan ketentuan Bagasi yang berlaku pada perjalanan Anda. Tarif kelebihan bagasi dan tarif prabayar bagasi tersedia berdasarkan permintaan.

8.4 ITEM YANG TIDAK BISA DITERIMA SEBAGAI BAGASI

8.4.1 Barang Berbahaya yang Terlarang

Anda tidak boleh memasukkan barang-barang berikut ke dalam Bagasi Anda:

8.4.1.1 item yang kemungkinan bersifat berbahaya bagi pesawat atau individu atau properti dalam pesawat, seperti yang ditentukan oleh Petunjuk Teknis Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO - International Civil Aviation Organisation) atas Pengangkutan Barang Berbahaya Secara Aman dan Peraturan Barang Berbahaya dari Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional (IATA - International Air Transport Association), dan dalam peraturan kami. Barang-barang ini termasuk, namun tidak terbatas pada, barang-barang seperti berikut ini yang tidak boleh dibawa dalam bagasi Anda karena alasan keamanan:

  • Gas Terkompresi (Sangat Dingin, Mudah Terbakar, Tidak Mudah terbakar, dan Beracun);
  • Bahan korosif (seperti alkali, asam, baterai sel basah, merkuri);
  • Bahan peledak (Kembang api dan benda yang mudah terbakar);
  • Senjata Api dan Amunisi kecuali benda-benda untuk keperluan berburu, olahraga, dan barang antik (lihat ayat 8.4.3) yang hanya bisa diangkut sesuai dengan Peraturan kami atau Peraturan Operator Kami. Pengangkutan senjata api diatur menurut peraturan yang bersifat spesifik dari setiap negara. Jika Anda ingin membawa senjata api, Anda wajib mendapatkan izin terkait dari otoritas negara tempat tujuan Anda. Anda juga wajib memberi tahu kepada Air New Zealand, setidaknya 2 minggu sebelum tanggal keberangkatan Anda, sehingga kami bisa mematuhi formalitas dan ketentuan peraturan yang terkait;
  • Cairan dan padatan yang mudah terbakar (seperti korek api, korek gas dan bahan bakar pemanas, aerosol yang mudah terbakar);
  • Korek Api Butana
  • Bahan termagnetisasi;
  • Zat pengoksidasi;
  • Zat beracun, berbisa, dan bersifat infeksius;
  • Bahan radioaktif;
  • Generator oksigen kimia;
  • Tas atase tenaga pengamanan (bila dilengkapi dengan alarm atau bahan piroteknik);
  • Barang berbahaya lainnya (seperti bahan berbahaya atau beracun dan berbagai macam item dalam Peraturan Barang Berbahaya IATA).
  • 4.1.2item yang dilarang oleh ketentuan hukum, peraturan, atau perintah yang berlaku dari negara asal, tujuan, maupun negara yang dilintasi;
  • 4.1.3hewan hidup, kecuali sebagaimana ditetapkan dalam Ayat 8.10.

8.4.2 Item yang Tidak Bisa Diterima

Meskipun kami telah berusaha untuk menangani barang-barang milik Anda sebaik mungkin, kami tidak bisa menjamin bahwa barang-barang yang rapuh bisa bertahan melalui proses penanganan bagasi selama pengangkutan melalui udara. Bagasi Terdaftar juga bisa tertunda atau hilang, oleh karena itu, item dengan nilai khusus atau yang mungkin Anda butuhkan wajib untuk disimpan dekat dengan diri Anda dalam Bagasi Tidak Terdaftar.

Item berikut ini TIDAK boleh dimasukkan ke dalam Bagasi Terdaftar Anda. Anda akan diminta untuk mengemas kembali item tersebut ke dalam Bagasi Tidak Terdaftar atau melakukan pengaturan lain untuk pengangkutan item tersebut.

  • komputer dan peralatan komputer;
  • barang-barang dengan nilai khusus, seperti uang, perhiasan, logam mulia, peralatan perak
  • surat berharga, sertifikat saham, sekuritas, atau dokumen berharga lainnya
  • kamera, kamera video, dan peralatan terkait
  • perangkat listrik dan elektronik
  • benda yang rapuh, murah pecah, atau mudah rusak
  • barang komersial, sampel, atau dokumen bisnis
  • paspor dan dokumen perjalanan lainnya.
  • obat-obatan penting
  • item yang kami tentukan tidak bisa diangkut karena alasan berat, ukuran, bentuk, atau sifatnya (termasuk barang-barang di luar dimensi ketentuan Bagasi yang tertera dalam Ayat 8.1)

8.4.3 Senjata api dan senjata

8.4.3.1 Senjata api dan amunisi untuk berburu dan olahraga tidak akan diterima untuk pengangkutan kecuali bila kami yakin bahwa senjata api tersebut telah dikosongkan dan dikunci dengan aman, serta telah dikemas secara memadai. Pengangkutan amunisi tunduk pada petunjuk ICAO dan peraturan IATA yang ditentukan dalam Ayat 8.4.1.1.

8.4.3.2 Senjata seperti senjata api antik, pedang, pisau, dan item serupa lainnya yang dikemas dengan benar dan aman bisa diterima sebagai Bagasi Terdaftar, namun tidak diizinkan untuk dibawa masuk ke dalam kabin pesawat.

8.5 HAK UNTUK MENOLAK PENGANGKUTAN

8.5.1 Kami akan menolak pengangkutan Bagasi dari item yang dijelaskan dalam Ayat 8.4.1 dan kami bisa menolak pengangkutan lanjutan dari item tersebut setelah ditemukan.

8.5.2 Kami akan menolak pengangkutan Bagasi Terdaftar dari item yang dijelaskan dalam Ayat 8.4.2 dan kami bisa menolak pengangkutan lanjutan dari item tersebut setelah ditemukan atau mewajibkan Anda untuk memindahkan item tersebut ke Bagasi Tidak Terdaftar Anda.

8.5.3 Kami bisa menolak untuk mengangkut Bagasi apa pun karena alasan ukuran, bentuk, berat, kerapuhan, isi, atau sifatnya, atau karena alasan keselamatan atau operasional, atau karena alasan kenyamanan penumpang lainnya.

8.5.4 Kami bisa menolak untuk menerima pengangkutan Bagasi apa pun kecuali bila dikemas dengan benar dalam wadah yang sesuai.

8.6 HAK UNTUK MELAKUKAN PENGGELEDAHAN

Demi alasan keselamatan, kesehatan, dan keamanan, atau untuk memeriksa apakah Anda dan/atau Bagasi Anda memiliki item seperti yang dijelaskan dalam Ayat 8.4.1 atau 8.4.2, atau senjata api, amunisi atau senjata apa pun, yang belum ditunjukkan kepada kami sesuai dengan ketentuan Ayat 8.4.3, Kami dan/atau anggota dari Layanan Keamanan Penerbangan, Bea Cukai atau pejabat berwenang lainnya bisa mencari, menggunakan sinar-x, melakukan pemeriksaan atau pemindaian jenis lain terhadap Anda dan/atau Bagasi Anda. Jika Anda tidak bersedia untuk mematuhi permintaan penggeledahan dalam bentuk apa pun, kami bisa menolak untuk mengangkut Anda dan Bagasi Anda dan bisa mengirimkan Bagasi Anda kepada pejabat pemerintah atau bandara. Setelah proses check-in, Bagasi Anda bisa digeledah tanpa kehadiran Anda. Jika pemindaian dengan sinar-x atau metode pemindaian lainnya menyebabkan kerusakan pada diri Anda atau Bagasi Anda, kami tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan tersebut kecuali bila disebabkan oleh kelalaian atau kesalahan kami lainnya.

8.7 BIAYA DAN PERNYATAAN KELEBIHAN NILAI

8.7.1 Bila kami menawarkan fasilitas pernyataan kelebihan nilai dari suatu bagasi, Anda bisa membuat pernyataan tertulis terhadap nilai dari Bagasi Terdaftar:

8.7.1.1 melebihi batasan tanggung jawab yang ditetapkan dalam Konvensi Montreal (lihat Ayat 8.11); atau

8.7.1.2 setara dengan risiko nilai yang dinyatakan dalam Undang-Undang Hukum Kontrak dan Komersial tahun 2017 (Bagian 5) untuk pengangkutan domestik.

Jika Anda membuat pernyataan tertulis tersebut, Anda bisa diminta untuk membayarkan biaya tambahan, dengan tarif yang ditentukan oleh kami. Tarif ini tersedia berdasarkan permintaan.

8.7.2 Kami bisa menolak untuk menerima pernyataan kelebihan nilai pada Bagasi Terdaftar bila sebagian dari pengangkutan yang tertera pada tiket Anda akan disediakan oleh Maskapai Penerbangan yang tidak menawarkan fasilitas pernyataan kelebihan nilai.

8.8 BAGASI TIDAK TERDAFTAR

8.8.1 Benda-benda yang tidak bisa diangkut di ruang kargo (seperti alat musik yang rapuh), dan yang tidak memenuhi persyaratan pada Ayat 8.1, hanya akan diterima untuk diangkut dalam kabin jika Anda telah memberikan pemberitahuan sebelumnya dan izin pengangkutan telah diberikan oleh kami untuk dibawa masuk ke dalam kabin. Anda mungkin harus membayar biaya tambahan untuk layanan ini.

8.8.2 Penerimaan Bagasi Tidak Terdaftar tunduk pada persyaratan dalam Pasal 8 ini dan sebagaimana diuraikan lebih lanjut dalam situs web kami yang berkenaan dengan item terlarang dan batasan ukuran dan berat yang berlaku.

8.9 PENGAMBILAN DAN PENGIRIMAN BAGASI TERDAFTAR

8.9.1 Anda diwajibkan untuk mengambil Bagasi Terdaftar Anda segera setelah tersedia di tempat tujuan atau Persinggahan Anda. Jika Anda tidak mengambilnya dalam batasan waktu yang wajar, kami bisa membebankan biaya penyimpanan kepada Anda. Jika Bagasi Terdaftar Anda tidak diambil dalam jangka waktu satu bulan sejak disediakan untuk pengambilan Anda, kami bisa membuangnya tanpa mengakibatkan kewajiban apa pun kepada Anda.

8.9.2 Hanya pemegang Tanda Terima Bagasi dan Label Identifikasi Bagasi yang berhak untuk menerima dan mengambil Bagasi Terdaftar.

8.9.3 Jika ada individu yang mengklaim Bagasi Terdaftar namun tidak bisa menunjukkan Tanda Terima Bagasi dan mengidentifikasi Bagasi dengan menggunakan Label Identifikasi Bagasi, kami hanya akan mengirimkan Bagasi kepada individu tersebut dengan syarat bahwa individu tersebut bisa membuktikan hak kepemilikan Bagasi berdasarkan pertimbangan wajar kami semata.

8.10 PENGANGKUTAN BINATANG

Binatang bisa diterima untuk diangkut hanya bila memenuhi ketentuan berikut ini:

8.10.1 Anda wajib memastikan bahwa binatang seperti anjing, kucing, burung, dan hewan peliharaan lainnya, telah dimasukkan ke dalam kandang dengan benar dan disertai dengan sertifikat kesehatan dan vaksinasi yang sah, izin masuk, dan dokumen lain yang diwajibkan oleh negara-negara tujuan atau transit, yang bilamana tidak dipenuhi, tidak bisa diterima untuk diangkut dalam pesawat. Pengangkutan tersebut bisa dikenakan ketentuan tambahan yang kami tetapkan, yang tersedia berdasarkan permintaan.

8.10.2 Bila diterima sebagai Bagasi, binatang apa pun, bersama dengan kandang dan makanannya, tidak boleh dimasukkan sebagai ketentuan Bagasi gratis Anda, namun dianggap sebagai kelebihan bagasi, dan Anda wajib untuk membayarkan tarif kelebihan bagasi yang berlaku.

8.10.3 Anjing pemandu yang menemani Penumpang penyandang cacat akan diangkut secara gratis, di luar dari ketentuan Bagasi gratis yang normal, tergantung pada ketentuan yang kami tetapkan, yang tersedia berdasarkan permintaan.

8.10.4 Kami tidak akan bertanggung jawab atas cedera atau kehilangan, sakit atau kematian binatang, atau bila binatang tersebut ditolak masuk ke, atau melalui negara, negara bagian, atau teritori mana pun.

8.11 TANGGUNG JAWAB ATAS KETERLAMBATAN, KEHILANGAN ATAU KERUSAKAN BAGASI SELAMA PENGANGKUTAN INTERNASIONAL

Karena tanggung jawab kami kepada Anda bersifat terbatas, Anda disarankan untuk membeli asuransi perjalanan untuk menanggung keterlambatan, kehilangan, dan Kerusakan Bagasi. Temukan informasi lebih lanjut tentang kebijakan asuransi perjalanan yang berlaku untuk perjalanan wisata domestik di Selandia Baru dan perjalanan wisata internasional dari Selandia Baru.

Dalam semua kasus dugaan kehilangan atau Kerusakan, bukti kehilangan atau Kerusakan aktual wajib untuk disediakan.

8.11.1 Jika kami menerbitkan Tiket atau Tanda Terima Bagasi pada penerbangan dari Maskapai Penerbangan lain selain daripada Penerbangan Code Share, kami melakukannya hanya sebagai agen dari Maskapai Penerbangan lain yang memiliki ketentuan pengangkutan yang berbeda. Walaupun demikian, sehubungan dengan Bagasi Terdaftar, Penumpang juga berhak untuk mengambil tindakan hukum terhadap Maskapai Penerbangan pertama atau terakhir;

8.11.2 Kami tidak akan bertanggung jawab atas setiap Kerusakan yang timbul sebagai akibat dari kepatuhan terhadap ketentuan undang-undang atau peraturan, perintah, atau persyaratan Pemerintah, atau akibat kelalaian Anda untuk mematuhi ketentuan tersebut;

8.11.3 Tanggung jawab kami apabila terjadi kehancuran atau kehilangan atau Kerusakan atau keterlambatan atas semua atau sebagian daripada Bagasi Anda selama Pengangkutan Internasional akan terbatas pada 1.131 SDR (sebagaimana didefinisikan dalam Ayat 15.10) per Penumpang, kecuali bila Anda membuktikan bahwa kerusakan tersebut merupakan akibat dari tindakan atau kelalaian dari pihak kami, atau dari karyawan atau agen kami yang bertindak dalam lingkup pekerjaan mereka, yang dilakukan dengan maksud untuk menyebabkan kerusakan, atau dengan sembrono dan dengan sengaja mengetahui bahwa kerusakan bisa terjadi akibat tindakan mereka.

8.11.4 Kami tidak akan bertanggung jawab atas kehancuran, kehilangan atau Kerusakan pada Bagasi Terdaftar Anda jika Kerusakan tersebut diakibatkan oleh cacat bawaan, mutu, atau kesalahan dari Bagasi Terdaftar.

8.11.5 Kami tidak akan bertanggung jawab atas kehancuran atau kehilangan atau Kerusakan pada Bagasi Tidak Terdaftar Anda, kecuali Kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan kami atau karyawan atau agen kami.

8.11.6 Kami tidak akan bertanggung jawab atas Kerusakan apa pun yang disebabkan oleh Bagasi Anda. Anda akan bertanggung jawab atas Kerusakan apa pun yang disebabkan oleh Bagasi Anda, yang terjadi pada individu atau properti lain, termasuk properti kami.

8.11.7 Kami memiliki tanggung jawab secara terbatas atau tidak bertanggung jawab atas Kerusakan atau kehilangan barang yang tidak diizinkan untuk dimasukkan ke dalam Bagasi Terdaftar berdasarkan ketentuan Ayat 8.4.1 dan 8.4.2, kecuali sebagaimana ditentukan berbeda oleh Konvensi Montreal dan tunduk pada pembelaan yang berlaku daripadanya, termasuk kelalaian dan kesalahan yang Anda lakukan.

8.11.8 Kami tidak akan bertanggung jawab atas keausan dan cacat atau kerusakan umum pada bagian yang menonjol atau bergerak, seperti roda dan pegangan, di mana kami menganggap bagian-bagian tersebut tidak memiliki kualitas atau sifat yang sesuai untuk bertahan melalui proses penanganan bagasi selama pengangkutan melalui udara.

8.11.9 Jika ada kelalaian kontributif dari pihak Anda dalam hal Bagasi Terdaftar atau Tidak Terdaftar, tanggung jawab kami bisa dibebaskan seluruhnya atau sebagian daripadanya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

8.12 TANGGUNG JAWAB ATAS KETERLAMBATAN, KEHILANGAN ATAU KERUSAKAN BAGASI SELAMA PENGANGKUTAN DOMESTIK

Undang-Undang Hukum Kontrak dan Komersial tahun 2017 (Bagian 5) (New Zealand) wajib berlaku terhadap pertanggungjawaban kami yang terkait dengan pengangkutan Bagasi domestik, kecuali bila dinyatakan berbeda secara tegas oleh Ketentuan ini.

9.1 JADWAL

Kami berusaha untuk menggunakan upaya terbaik kami dalam mengangkut Anda dan Bagasi Anda, sesuai dengan layanan wajar dan mematuhi jadwal yang dipublikasikan yang berlaku pada tanggal perjalanan. Namun, untuk melakukannya, kami mungkin perlu menggunakan pesawat pengganti, dan/atau layanan dari Maskapai Penerbangan lain atau operator transportasi darat lainnya ("Pengangkut Alternatif"). Kami mungkin juga berkewajiban untuk mengubah waktu penerbangan, seringkali karena alasan di luar kendali kami, dan sebagai akibatnya, waktu yang ditunjukkan dalam jadwal tidak bisa dijamin, dan oleh karenanya, tidak membentuk bagian dari kontrak pengangkutan Anda dengan kami.

9.2 PEMBATALAN DAN PENGALIHAN RUTE

9.2.1 Kami berhak untuk mengganti pesawat terbang dan/atau menggunakan layanan Pengangkut Alternatif. Jika kami membatalkan penerbangan, lalai untuk mengoperasikan penerbangan secara wajar sesuai dengan jadwal, lalai untuk mendarat di tempat tujuan atau Persinggahan Anda, atau menyebabkan diri Anda tidak bisa menaiki penerbangan lanjutan di mana Anda memiliki reservasi terkonfirmasi berdasarkan pada Tiket Penerbangan Lanjutan, Anda akan memiliki beberapa opsi berikut ini yang tunduk pada persetujuan kami, yaitu:

9.2.1.1 untuk diangkut pada layanan terjadwal lainnya, apabila ruang tersedia pada kelas yang sama, atau apabila ruang tidak tersedia, pada layanan dari Pengangkut Alternatif, tanpa biaya tambahan atau pengembalian dana kepada Anda; atau

9.2.1.2 untuk dialihkan ke Perhentian atau tujuan berikutnya yang tertera pada Tiket Anda oleh layanan kami sendiri atau oleh Pengangkut Alternatif. Jika tarif dan biaya pengalihan rute lebih rendah dari yang Anda bayarkan, kami akan mengembalikan selisihnya;

9.2.1.3 jika tidak satu pun dari alternatif tersebut bisa diterima oleh Anda, kami akan melakukan pengembalian dana atau memberikan kredit sesuai dengan ketentuan 10.2 dan kami tidak akan memiliki tanggung jawab lebih lanjut kepada Anda.

9.3 Jika kami tidak bisa menyediakan ruang yang telah dikonfirmasikan sebelumnya, kami akan memberikan kompensasi seperti yang dipersyaratkan oleh ketentuan hukum yang berlaku, atau sesuai dengan kebijakan kompensasi penolakan boarding kami. (Informasi lebih lanjut tersedia berdasarkan permintaan).

9.4 Terlepas dari ketentuan 9.2.1, jika Anda atau teman perjalanan Anda menyebabkan gangguan penerbangan karena alasan apa pun, termasuk keadaan darurat medis, yang mewajibkan kami untuk mengalihkan pesawat dan menurunkan Anda di bandara yang tidak berada dalam jaringan rute penerbangan normal kami (yaitu, ke bandara di mana Air New Zealand tidak mengoperasikan pesawatnya sendiri), Anda wajib membuat pengaturan sendiri dan menanggung semua biaya perjalanan untuk Anda dan teman perjalanan Anda dari bandara tersebut ke bandara tempat Air New Zealand beroperasi, untuk melanjutkan kembali rencana perjalanan Anda semula atau kembali ke titik asal Anda berdasarkan layanan yang kami berikan. Peraturan yang terkait dengan tarif Tiket Anda akan berlaku.

9.5 Sesuai dengan ketentuan Ayat 17 dari Ketentuan ini, tidak ada hal yang terkandung dalam Pasal 9 ini yang bisa memengaruhi hak apa pun yang mungkin Anda miliki menurut Undang-Undang Jaminan Konsumen tahun 1993 (Selandia Baru), bila berlaku.

Jika Anda berhak untuk menerima pengembalian uang atau kredit, kami akan mengembalikan atau mengkreditkan tarif yang telah Anda bayarkan terhadap tiket tersebut, atau bagian daripadanya yang tidak digunakan, bersama dengan pajak, biaya pemerintah & bandara yang berlaku, sesuai dengan aturan tarif atau Tarif yang berlaku dan aturan tambahan berikut ini:

10.1 KEPADA SIAPA PENGEMBALIAN DANA TERSEBUT DIBERIKAN

10.1.1 Kecuali bila ditentukan secara berbeda dalam Pasal 10 ini, kami berhak, berdasarkan pertimbangan mutlak kami semata, untuk melakukan pengembalian dana, baik kepada individu yang namanya tertera dalam Tiket atau kepada individu yang telah membayarkan Tiket, setelah menunjukkan bukti pembayaran yang sah.

10.1.2 Jika suatu Tiket telah dibayarkan oleh seorang individu selain Penumpang yang namanya tertera dalam Tiket, dan Tiket menunjukkan adanya pembatasan dalam hal pengembalian dana, kami akan melakukan pengembalian dana hanya kepada individu yang membayarkan Tiket tersebut, atau sesuai dengan permintaan individu tersebut.

10.1.3 Kecuali dalam hal kehilangan Tiket, pengembalian dana hanya akan dilakukan pada saat kami menerima Tiket dan semua Kupon Penerbangan yang tidak digunakan.

10.2 PENGEMBALIAN DANA AKIBAT GANGGUAN DARI PIHAK KAMI

10.2.1 Jika kami membatalkan penerbangan, lalai untuk mengoperasikan penerbangan secara wajar sesuai dengan jadwal, lalai untuk mendarat di tempat tujuan atau Persinggahan Anda, atau menyebabkan diri Anda tidak bisa menaiki penerbangan lanjutan di mana Anda memiliki reservasi terkonfirmasi berdasarkan pada Tiket Penerbangan Lanjutan, maka, sesuai dengan ketentuan Ayat 10.2.3, jumlah dana yang harus dikembalikan adalah:

10.2.1.1 jika belum ada bagian dari Tiket yang digunakan, jumlah yang sama dengan biaya yang dibayarkan (termasuk pajak, biaya pemerintah & bandara yang berlaku, terlepas dari peraturan tarif yang berlaku);

10.2.2 Jika sebagian dari Tiket telah digunakan, pengembalian dana akan dihitung dari nominal yang lebih tinggi dari:

10.2.2.1 tarif penerbangan satu arah (dikurangi diskon dan biaya yang berlaku, namun termasuk pajak, biaya pemerintah & bandara yang berlaku, terlepas dari peraturan tarif yang berlaku) dari titik gangguan ke tempat tujuan atau titik Persinggahan berikutnya; atau

10.2.2.2 selisih antara biaya yang dibayarkan dan tarif pengangkutan yang digunakan (termasuk pajak, biaya pemerintah & bandara yang berlaku, terlepas dari peraturan tarif yang berlaku).

10.2.3 Apabila pembatalan, kelalaian, atau ketinggalan penerbangan lanjutan yang disebutkan dalam Ayat 10.2.1 adalah sebagai akibat dari keadaan di luar kendali wajar kami, terlepas dari apakah Anda telah sudah melakukan check-in atau belum, Anda memiliki opsi yang ditetapkan dalam Ayat 9.2.1, kecuali sejauh bagian yang tidak bisa dikembalikan dari Tiket Anda, dan Anda mungkin berhak atas kredit yang berlaku selama 12 bulan dari bagian tarif yang tidak bisa dikembalikan, yang bisa digunakan untuk perjalanan Anda di masa depan bersama kami. Kami bisa memotong biaya layanan secara wajar dari kredit untuk menutupi biaya administrasi kami.

10.3 PENGEMBALIAN DANA SECARA SUKARELA

Jika Anda berhak untuk menerima pengembalian dana Tiket untuk alasan lain selain daripada yang ditetapkan dalam Ayat 10.2, dan Anda berhak atas pengembalian dana sesuai dengan ketentuan tarif yang berlaku, jumlah pengembalian dananya adalah sebagai berikut: 

10.3.1 bila belum ada bagian dari Tiket yang digunakan, jumlah yang sama dengan biaya yang dibayarkan (termasuk pajak, biaya pemerintah & bandara yang berlaku), dikurangi biaya layanan atau biaya pembatalan apa pun yang berlaku;

10.3.2 jika sebagian dari Tiket telah digunakan, pengembalian dana akan berupa jumlah yang setara dengan selisih antara biaya yang dibayarkan dan biaya yang berlaku untuk perjalanan antara titik di mana Tiket telah digunakan, (termasuk pajak, biaya pemerintah & bandara yang berlaku) dikurangi biaya layanan atau biaya pembatalan apa pun yang berlaku.

10.4 PENGEMBALIAN DANA ATAS TIKET YANG HILANG

10.4.1 Jika suatu Tiket atau bagian daripadanya hilang, setelah memberikan bukti yang memuaskan kepada kami tentang kehilangan dan pembayaran biaya administrasi yang wajar, pengembalian dana (termasuk pajak, biaya pemerintah & bandara yang berlaku) akan dilakukan dalam jangka waktu yang ditentukan oleh kami, sesuai dengan ketentuan berikut:

10.4.1.1 bahwa Tiket yang hilang, atau bagian daripadanya, belum digunakan, dikembalikan atau diganti sebelumnya; dan

10.4.1.2 bahwa individu yang menerima pengembalian dana tersebut, dalam bentuk seperti yang ditentukan oleh kami, untuk membayarkan kembali dana tersebut kepada kami apabila terjadi penipuan dan/atau sejauh mana Tiket yang hilang tersebut atau bagiannya telah digunakan.

10.5 HAK UNTUK MENOLAK PENGEMBALIAN DANA

10.5.1 Kami bisa menolak pengembalian dana apabila pengajuan diajukan setelah berakhirnya masa berlaku Tiket.

10.5.2 Kami bisa menolak pengembalian dana atas Tiket yang telah ditunjukkan kepada kami atau kepada pejabat Pemerintah sebagai bukti niat untuk meninggalkan suatu negara, kecuali bila Anda bisa memberikan alasan yang memuaskan bahwa Anda memiliki izin untuk tetap tinggal di negara tersebut atau bahwa Anda akan berangkat dari negara tersebut dengan Maskapai Penerbangan lain atau sarana transportasi lain.

10.5.3 Jika Anda menerima penolakan pengangkutan sebagai akibat dari keadaan apa pun yang dijelaskan dalam Ayat 7.1.6 atau 7.1.10, kami berhak untuk menerapkan jumlah apa pun yang telah dibayarkan oleh Anda atas penerbangan di mana pengangkutan tersebut ditolak, terhadap setiap jumlah terutang Anda kepada kami atas pengangkutan Anda sebelumnya.

10.5.4 Jika Anda mengalami keadaan darurat medis yang mewajibkan kami membatalkan, merutekan ulang, atau melakukan penjadwalan ulang penerbangan, bagian dari Tiket Anda yang bisa dikembalikan bisa digunakan sebagai kontribusi atas biaya gangguan penerbangan.

10.6 MATA UANG

Kami berhak untuk melakukan pengembalian uang dengan cara dan mata uang yang sama dengan yang digunakan untuk membayar Tiket.

10.7 PIHAK YANG BISA MENGEMBALIKAN BIAYA TIKET

Pengembalian dana secara sukarela hanya bisa dilakukan oleh Maskapai Penerbangan yang awalnya menerbitkan Tiket atau oleh Agen Resminya.

11.1 UMUM

Jika menurut kami, Anda melakukan tindakan dalam kabin yang membahayakan pesawat atau individu atau properti lain dalam kabin, atau menghalangi awak kabin dalam melaksanakan tugas mereka, atau lalai mematuhi instruksi dari awak kabin, termasuk namun tidak terbatas pada tindakan yang berkaitan dengan merokok, konsumsi alkohol atau narkoba, atau berperilaku dengan cara yang menyebabkan atau mungkin menyebabkan rasa tidak nyaman, ketidaknyamanan, kerusakan atau cedera pada penumpang lain, awak kabin atau properti, termasuk pesawat, kami bisa mengambil tindakan yang kami anggap perlu untuk menghentikan perilaku tersebut, termasuk melakukan penahanan diri Anda. Anda bisa diturunkan di titik bandara mana saja, dituntut atas pelanggaran yang dilakukan dalam kabin pesawat, dan kami bisa memutuskan untuk menolak pengangkutan Anda kapan saja di masa depan.

11.2 PERANGKAT ELEKTRONIK

Anda boleh menggunakan perangkat elektronik portabel yang kecil dan ringan di dalam pesawat sesuai dengan ketentuan pada ayat 11.2 ini saja.

11.2.1 Semua perangkat elektronik yang bisa memancarkan sinyal wajib ditetapkan dalam mode non-seluler atau "pesawat" di dalam kabin. Jika fungsi transmisi seluler tidak bisa dimatikan, perangkat elektronik tersebut harus dimatikan saat berada di dalam kabin. Fungsi pemancar lainnya, seperti Bluetooth dan internet nirkabel, hanya diizinkan bila diperbolehkan oleh awak kabin.  Jika internet nirkabel tersedia, Anda wajib mematuhi ketentuan penggunaan yang berlaku.

11.2.2 Jika kami atau Operator Kami mengizinkan perangkat elektronik seperti pemutar MP3, komputer laptop, atau permainan elektronik untuk digunakan selama penerbangan, Anda setuju untuk mematikannya saat lepas landas dan mendarat, dan untuk menyimpan perangkat elektronik tersebut bila diminta.

11.2.3 Anda hanya boleh menggunakan kamera, perekam, atau perangkat fotografi untuk penggunaan pribadi. Anda hanya boleh memotret, menyorot, atau merekam individu lain berdasarkan persetujuan mereka. Anda wajib mematuhi petunjuk dari awak kabin saat menggunakan kamera atau perangkat fotografi saat berada di dalam kabin.

11.2.4 Alat bantu pendengaran, alat pacu jantung, dan instrumen medis lainnya yang disetujui secara medis, boleh digunakan tanpa batasan.

12.1 Tunduk pada ketentuan hukum yang berlaku, jika kami setuju untuk melakukan pengaturan atas penyediaan layanan tambahan atau alternatif (termasuk transportasi darat), kami dan Operator Kami tidak akan memiliki kewajiban kepada Anda atas layanan tersebut, kecuali karena kelalaian kami dalam membuat pengaturan atau di mana kami memiliki tanggung jawab menurut ketentuan Undang-Undang Jaminan Konsumen tahun 1993 (Selandia Baru).

12.2 Jika kami membuat pengaturan dengan perusahaan lain untuk menyediakan layanan tambahan (termasuk transportasi darat) kepada Anda, kami bertindak hanya sebagai agen Anda dalam membuat pengaturan tersebut, dan syarat dan ketentuan perusahaan yang menyediakan layanan tambahan tersebut (termasuk transportasi darat) yang akan dianggap berlaku. Ketentuan tersebut tersedia berdasarkan permintaan.

13.1 UMUM

13.1.1 Anda bertanggung jawab untuk mendapatkan semua dokumen perjalanan dan visa yang diperlukan dan untuk mematuhi semua ketentuan undang-undang, peraturan, perintah, permintaan dan persyaratan perjalanan, aturan dan instruksi dari negara-negara asal, tujuan, atau transit.
13.1.2 Kami dan Operator Kami tidak bertanggung jawab kepada Anda atas konsekuensi dari kelalaian Anda untuk mendapatkan dokumen atau visa tersebut, atau untuk mematuhi ketentuan undang-undang, peraturan, perintah, permintaan, persyaratan, aturan, atau instruksi tersebut.
13.1.3 Anda wajib menanyakan tentang kondisi dan ketentuan yang berlaku di tempat tujuan Anda sebelum memulai perjalanan. Kami tidak membuat pernyataan tentang keselamatan, kondisi, atau hal lain yang bisa terjadi di tempat tujuan mana pun.

13.2 DOKUMEN PERJALANAN

Sebelum melakukan perjalanan, Anda wajib menunjukkan semua dokumen keluar, masuk, kesehatan, dan dokumen lain yang bersifat sah yang diperlukan menurut ketentuan hukum, peraturan, perintah, permintaan atau persyaratan lain dari negara-negara yang bersangkutan, dan mengizinkan kami untuk membuat dan menyimpan salinannya. Kami berhak menolak pengangkutan jika Anda tidak mematuhi persyaratan ini.

13.3 PENOLAKAN MASUK KE SUATU NEGARA

Jika Anda tidak diperbolehkan untuk memasuki suatu negara, Anda akan diminta untuk membayar biaya transportasi Anda dari negara tersebut kepada kami. Kami bisa mengajukan permohonan biaya tersebut atas setiap biaya yang telah dibayarkan kepada kami untuk pengangkutan yang belum digunakan, atau dari dana Anda yang kami miliki. Tarif yang dikumpulkan untuk pengangkutan ke titik penolakan atau penolakan masuk Anda tidak akan dikembalikan oleh kami.

13.4 PENUMPANG BERTANGGUNG JAWAB ATAS BIAYA DENDA, PENAHANAN, DLL.

Jika kami diwajibkan untuk membayar denda atau untuk membayarkan pengeluaran apa pun karena Anda ditolak masuk ke negara mana pun atau karena kelalaian Anda untuk mematuhi undang-undang, peraturan, perintah, keputusan, permintaan atau persyaratan perjalanan lainnya dari negara mana pun atau untuk menunjukkan dokumen yang diperlukan, Anda wajib untuk mengganti biaya tersebut kepada kami sesuai permintaan, berapa pun jumlah yang dibayarkan atau pengeluaran yang dilakukan. Kami bisa menggunakan pengeluaran biaya tersebut atas setiap tarif yang telah dibayarkan kepada kami untuk pengangkutan yang belum digunakan pada Tiket Anda, atau dari dana Anda yang kami miliki.

13.5 PEMERIKSAAN OLEH BEA CUKAI

Bila diperlukan, Anda wajib menghadiri pemeriksaan Bagasi Anda, oleh pihak bea cukai atau pejabat pemerintah lainnya. Kami tidak bertanggung jawab kepada Anda atas kerugian atau kerusakan apa pun yang diderita oleh Anda selama proses pemeriksaan atau kelalaian Anda untuk mematuhi persyaratan ini. Anda setuju untuk mematuhi setiap pemeriksaan keamanan oleh Layanan Keamanan Penerbangan, pejabat pemerintah atau bandara, Maskapai Penerbangan atau oleh kami.

14.1 Pengangkutan yang akan dilakukan oleh kami dan Maskapai Penerbangan lain dalam satu Tiket, atau Tiket Penerbangan Lanjutan, dianggap sebagai suatu operasi pengangkutan tunggal berdasarkan ketentuan Konvensi Montreal.

14.2 Bila kami menjadi maskapai penerbangan lanjutan, kami tidak bertanggung jawab atas kecelakaan atau keterlambatan pada bagian-bagian perjalanan yang dilakukan oleh Maskapai Penerbangan lain. Apabila kami menjadi maskapai penerbangan yang melakukan pengangkutan, kami bertanggung jawab atas kecelakaan yang menyebabkan cedera atau kematian yang terjadi di dalam kabin, atau dalam proses masuk atau keluar dari pesawat. Jika kami merupakan maskapai penerbangan yang tertera dalam kontrak, namun tidak melakukan bagian apa pun dari operasi pengangkutan, kami bertanggung jawab atas kecelakaan yang menyebabkan cedera atau kematian yang terjadi selama setiap bagian operasi pengangkutan, saat berada di dalam kabin, atau dalam proses masuk atau keluar dari pesawat.

15.1 Tanggung jawab kami dan tanggung jawab setiap Maskapai Penerbangan yang terlibat dalam perjalanan Anda akan ditentukan oleh ketentuan pengangkutan masing-masing maskapai penerbangan.

PENGANGKUTAN INTERNASIONAL

15.2 Apabila terjadi klaim oleh Penumpang berdasarkan ketentuan Pasal 15 dan klaim Bagasi berdasarkan ketentuan Ayat 8.11, yang timbul sebagai akibat dari Pengangkutan Internasional sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 1, kami wajib menerapkan ketentuan Konvensi Montreal dan hak Anda serta kewajiban dan hak kami akan ditetapkan sesuai dengan ketentuan Konvensi Montreal, sebagaimana tercantum dalam Lampiran 6 dari Undang-Undang Penerbangan Sipil tahun 1990. Persyaratan Konvensi Montreal wajib berlaku untuk semua pengangkutan internasional yang dilakukan oleh kami, terlepas dari konvensi lain yang mungkin berlaku untuk pengangkutan Anda, dan terlepas dari fakta bahwa tidak ada konvensi yang berlaku atas pengangkutan Anda.

15.3 Tanggung jawab kami atas klaim sehubungan dengan kematian, luka atau cedera fisik lainnya dari Penumpang tidak boleh melebihi 113.100 SDR seperti yang didefinisikan dalam Ayat 15.11, jika kami bisa membuktikan bahwa kerusakan tersebut bukan karena kelalaian atau kesalahan atau kelalaian tindakan lainnya oleh kami atau karyawan atau agen kami, atau semata-mata karena kelalaian atau kesalahan atau kelalaian tindakan lain dari pihak ketiga.

15.4 Tanggung jawab kami terhadap penumpang sebagaimana ditetapkan dalam Ayat 15.2 berlaku atas klaim yang dibuat oleh Penumpang saja, atau dalam hal kematian Penumpang, setiap individu yang berhak mengajukan klaim sehubungan dengan kematian tersebut, sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dan tidak akan berlaku untuk klaim apa pun oleh badan asuransi sosial publik atau organisasi serupa, sebagaimana berlaku atau ditegaskan, baik berdasarkan hak-hak subrogasi, otoritas hukum, atau lainnya. Setiap klaim penumpang yang ditetapkan atau dialihkan akan ditentukan berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.

15.5 Jika kami membuktikan bahwa Kerusakan tersebut disebabkan oleh, atau merupakan kontribusi dari, kelalaian Penumpang yang terluka atau yang meninggal, kami bisa dibebaskan seluruhnya atau sebagian dari tanggung jawab kami, sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

15.6 Kami tidak akan bertanggung jawab atas segala penyakit, cedera atau cacat, termasuk kematian, yang disebabkan oleh usia atau kondisi fisik Anda atau karena komplikasi dari kondisi tersebut.

PENGANGKUTAN DOMESTIK

15.7 Sehubungan dengan pengangkutan yang dilakukan oleh kami atau Layanan Terkait kami di seluruh New Zealand yang bukan termasuk dalam pengangkutan internasional, tanggung jawab kami akan dibatasi sesuai dengan yang ditetapkan oleh Bagian 9B dari Undang-Undang Penerbangan Sipil tahun 1990 dan Undang-Undang Hukum Kontrak dan Komersial tahun 2017 (Bagian 5), atau setiap pengganti dari Undang-Undang tersebut. Kewajiban atas cedera atau kematian seorang penumpang bisa dikecualikan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Pencegahan Cedera, Rehabilitasi, dan Kompensasi tahun 2001 dan/atau setiap pengganti dari Undang-undang tersebut. Sesuai dengan ketentuan Pasal 17, Undang-Undang Jaminan Konsumen tahun 1993 juga berlaku atas pengangkutan diri Anda.

PERSYARATAN KEWAJIBAN UMUM

15.8 Ketentuan-Ketentuan ini, termasuk setiap pengecualian atau pembatasan tanggung jawab apa pun wajib berlaku untuk dan demi kepentingan Agen Resmi, Operator Kami, karyawan dan perwakilan kami sejauh dan sebagaimana berlaku bagi kami. Jumlah agregat yang bisa diperoleh kembali dari kami, Agen Resmi, karyawan dan perwakilan kami tidak akan melebihi jumlah batas kewajiban kami.

KERUSAKAN KONSEKUENSIAL

15.9 Tanggung jawab kami wajib dibatasi pada kerugian yang bisa dibuktikan saja. Tunduk pada persyaratan Konvensi Montreal dan ketentuan hukum yang berlaku, kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang diakibatkan dari hukuman yang ditetapkan oleh pengadilan, baik yang bersifat tidak langsung maupun konsekuensial.

15.10 Demi tujuan Pasal 8 dan 15, nilai satu SDR dalam mata uang yang relevan pada hari tertentu merupakan nilai yang ditetapkan oleh Dana Moneter Internasional sebagai nilai satu SDR dalam mata uang yang relevan; (i) hari itu, atau (ii) bila tidak ada nilai yang ditetapkan pada hari itu, hari terakhir di mana nilai tersebut telah ditetapkan. Kami akan menerima nilai satu SDR seperti yang dipublikasikan di situs resmi Dana Moneter Internasional (IMF) pada hari yang relevan. Alamat internet situs web IMF saat ini adalah http://www.imf.org/external/np/fin/rates/rms_five.cfm, namum alamat ini bisa berubah dari waktu ke waktu.

15.11 Kecuali bila dinyatakan berbeda secara tegas dalam Ketentuan ini, tidak ada hal yang terkandung dalam Ketentuan ini yang mengesampingkan pembelaan atau pengecualian pembatasan tanggung jawab kami berdasarkan Konvensi Montreal atau ketentuan undang-undang yang berlaku. Sehubungan dengan pihak ketiga, kami berhak untuk meminta bantuan melawan tindakan hukum dari individu lain, termasuk tanpa batasan, hak atas kontribusi dan ganti rugi.

16.1 PEMBERITAHUAN KLAIM

16.1.1 Penerimaan Bagasi tanpa keluhan oleh pembawa Tanda Terima Bagasi pada saat pengiriman menyatakan bahwa Bagasi telah dikirimkan dalam kondisi yang baik dan sesuai dengan kontrak pengangkutan, kecuali bila Anda bisa membuktikan sebaliknya.

16.1.2 Jika Anda ingin mengajukan klaim atau mengambil tindakan hukum atas Kerusakan Bagasi, Anda wajib memberi tahu kami secara tertulis segera setelah Anda menemukan Kerusakan, dan paling lambat, dalam jangka waktu tujuh (7) Hari sejak diterimanya Bagasi Terdaftar atau dalam jangka waktu tujuh (7) Hari dari akhir pengangkutan Bagasi Tidak Terdaftar. Jika Anda ingin mengajukan klaim atau mengambil tindakan hukum terkait keterlambatan Bagasi Terdaftar, Anda wajib memberi tahu kami dalam jangka waktu dua puluh satu (21) Hari sejak tanggal Bagasi Terdaftar telah ditempatkan untuk Anda ambil. Setiap pemberitahuan tersebut wajib dibuat secara tertulis.

16.2 PEMBATASAN TINDAKAN HUKUM

Setiap hak atas kerusakan dianggap batal demi hukum apabila tindakan hukum tidak diajukan dalam jangka waktu dua tahun sejak tanggal kedatangan di tempat tujuan, atau tanggal saat pesawat dijadwalkan untuk tiba, atau tanggal di mana pengangkutan selesai dilakukan. Metode penghitungan periode pembatasan wajib ditentukan menurut hukum pengadilan di mana kasus tersebut disidangkan, namun sesuai dengan ketentuan pada Konvensi Montreal.

Jika Anda mengakuisisi atau menganggap diri Anda sebagai pihak yang mengakuisisi untuk tujuan melakukan kegiatan bisnis terhadap layanan apa pun yang berlaku menurut Ketentuan ini, maka ketentuan-ketentuan dari Undang-Undang Jaminan Konsumen tahun 1993 (Selandia Baru) tidak akan berlaku atas penyediaan dari layanan-layanan tersebut.

Tidak satu pun dari Agen Resmi, pegawai, karyawan, atau perwakilan kami yang berwenang untuk mengubah, memodifikasi, atau mengabaikan ketentuan apa pun dari Ketentuan ini.